Knowledge Management untuk Percepatan Inovasi Usaha Kecil dan Menengah (UKM)

Derasnya produk dengan label Made in China sedikit banyak memicu kekhawatiran dari pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Indonesia akan daya saing produk mereka baik untuk pangsa pasar lokal maupun ekspor. Kedigdayaan produk asal China ditengarai sebagian kalangan karena tingginya laju inovasi produk yang didukung sepenuhnya oleh pemerintah, perguruan tinggi dan kalangan industri di negera tersebut. Padahal sebagian besar produk untuk rumah tangga yang mereka hasilkan berasal dari industri skala rumah tangga, bukan dari pabrik-pabrik milik industri raksasa. Dengan kata lain, kelas UKM di negeri China bisa merajai dunia dengan inovasi yang luar biasa cepat dan strategis. Dikatakan strategis, karena produk yang mereka hasilkan adalah produk yang benar-benar banyak dibutuhkan oleh rumah tangga. Lantas, darimanakah pengetahuan tentang produk strategis itu bisa mereka ketahui dengan sangat baik? Jawaban sederhananya adalah Transfer Pengetahuan (Knowledge Transfer) yang merupakan salah satu komponen utama dalam Pengelolaan Pengetahuan (Knowledge Management), dengan tujuan akhir adalah percepatan inovasi. Sinergi yang baik dalam dunia industri di China, dengan ditopang oleh riset dari perguruan tinggi mereka dan diawasi secara ketat namun dengan sistem peraturan fleksibel yang dibuat khas oleh pemerintahan sosialis China, membuat barang yang mereka produksi adalah barang dengan peminatan dan kebutuhan yang tinggi. Mereka membuat barang yang murah dengan kualitas yang cukup memuaskan konsumen (walaupun hanya dipakai dalam jangka waktu yang singkat). Sebaliknya, iklim usaha di Indonesia justru kurang mendukung proses inovasi ini. UKM seperti berjalan sendiri-sendiri, sehingga mereka sangat sulit untuk membesarkan usahanya. UKM di Indonesia memang mampu bertahan menghadapi krisis, namun tidak banyak UKM yang mampu bersaing dengan produk impor. Perguruan tinggi tidak banyak membantu proses transfer pengetahuan, baik teknologi maupun riset produk strategis. Kalangan industri kelas kakap yang mestinya menjadi mitra UKM – sepertinya takut disaingi – justru menekan perkembangan UKM. Setali tiga uang dengan pemerintah, yang juga setengah hati dalam memberi perhatian kepada UKM. Padahal dari segi strategis sumber daya manusia dan ketahanan ekonomi, UKM memegang peranan sangat penting bagi penyerapan tenaga kerja dan ekonomi kelas menengah ke bawah, yang merupakan mayoritas di Indonesia. Akibatnya UKM tidak mengetahui mana produk yang mempunyai nilai jual tinggi, tidak mengetahui bagaimana strategi pemasaran yang baik dan tidak mengetahui cara pengelolaan dana dan sumber daya yang efisien. Pengetahuan tentang hal tersebut sebenarnya bisa diperoleh jika perguruan tinggi, industri besar dan pemerintah mau berbagi pengetahuan dan berdiskusi dengan UKM dan juga dengan antar UKM. Jika kondisi ini terus berlanjut, dikhawatirkan UKM akan semakin terjepit di negeri sendiri, tergerus serbuan produk impor, tekanan industri besar dan UKM lain yang tidak mau mempunyai banyak pesaing. Masalah ini sebenarnya secara sederhana bisa diatasi dengan pemanfaatan Knowledge Management yang sistematik dan terstruktur. Karena, masalah yang dihadapi UKM tidak jauh dari persoalan teknologi, teknik pemasaran dan pengelolaan sumber daya. Dengan sinergi yang baik antara UKM, perguruan tinggi dan industri besar, dibawah pengawasan dan mediasi dari pemerintah, diharapkan akan bisa tercapai percepatan inovasi di kalangan UKM. Ajang dengar pendapat dan diskusi akan menjadi jalur bagi penemuan inovasi baru yang bermanfaat bagi seluruh UKM, tidak hanya bagi kalangan tertentu. Dengan demikian, proses inovasi akan terus berkembang dan berkelanjutan. Tujuan akhirnya adalah, UKM dengan inovasi berkelanjutan akan mampu meningkatkan daya saing mereka terhadap produk dari negara asing.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: